KLS 5B AKIDAH AKHLAK

Hari: Sabtu
Tanggal: 07 November 2020
Bacalah teks di bawah ini dan simak juga Videonya!

ADAB BERTAMU
Agama Islam adalah agama yang sempurna. Islam telah menjelaskan berbagai perkara, sekecil apa pun perkara tersebut. Tidak ada kebaikan selain yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW.. Tidak ada pula keburukan kecuali beliau telah melarangnya. Di antara hal yang diperhatikan oleh agama Islam adalah perkara bertamu.

Islam mengajarkan kepada kita bagaimana kita berperilaku mulia seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.. Memuliakan tamu merupakan salah satu akhlak terpuji yang diperintahkan oleh agama Islam. Contohnya seperti menerima tamu dengan sikap yang ramah, memberikan hidangan, dan lainnya. Begitu juga dengan perilaku kita ketika bertamu, kita harus bersikap sopan, tidak menyusahkan orang yang punya rumah, tidak mengganggu kenyamanan, dan lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Islam merupakan agama yang sempurna. Di dalamnya kita diajarkan tentang muamalah, di antaranya, yaitu Islam mengajarkan bagaimana sikap kita ketika bertamu ataupun menerima tamu.

Bertamu adalah salah satu cara menyambung tali persahabatan yang dianjurkan oleh Islam. Islam memberi kebebasan untuk umatnya dalam bertamu. Tata krama dalam bertamu tetap harus dijaga agar tujuan bertamu itu dapat tercapai. Apabila tata krama ini dilanggar, tujuan bertamu justru akan menjadi rusak dan nantinya akan merenggangkan hubungan persaudaraan.

Adapun adab-adab dalam bertamu antara lain sebagai berikut:

1. Mengucapkan Salam
Mengucapkan salam merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim karena di dalamnya mengandung do’a keberkahan dan kesejahteraan. Sebelum memasuki rumah yang kita tuju, kita diperintah untuk mengucapkan salam terlebih dahulu.

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an surah An Nur ayat 27 sebagai berikut.

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.” (Q.S.An Nur [24]: 27)

2. Meminta Izin Masuk
Ketika kita hendak memasuki rumah orang lain, hendaknya kita meminta izin dahulu, apakah tuan rumah mempersilakan kita masuk atau tidak. Mungkin orang yang punya rumah sedang ada keperluan, sedang beristirahat, atau sedang tidak memakai pakaian yang tidak layak dilihat oleh orang lain. Oleh karena itu, kita hendak meminta izin terlebih dahulu supaya tuan rumah bisa menyiapkan keadaan rumahnya sebelum mempersilakan tamu memasuki rumah.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT. dalam Al-Qur’an surah An Nur ayat 27.

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.”
(Q.S. An Nur [24]: 27)

3. Kembali Pulang ketika Tidak Dipersilakan Masuk

Carilah waktu yang tepat ketika kita hendak bertamu atau berkunjung. Apabila waktunya tidak tepat, bisa jadi kita tidak dipersilakan masuk oleh tuan rumah. Lalu, apa yang akan kita lakukan ketika kunjungan kita tidak diterima?

Kita tidak boleh berburuk sangka ketika tuan rnmah tidak menerima kedatangan kita. Ketika kunjungan kita tidak diterima, segeralah kita kembali pulang. Hal tersebut telah dijelaskari di dalam Al-Qur’an surah An Nur ayat 28, Allah SWT. berfirman:

Artinya:
“Dan jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu, ‘Kembali!’ Maka (hendaklah) kamu kembali. Itu lebih suci bagimu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“(Q.S. An Nur [24]: 28)

4. Tidak Melakukan Hal yang Mencurigakan
Ketika bertamu, setelah kita diizinkan masuk ke dalam rumah oleh tuan rumah, hendaklah kita menjaga pandangan dan perilaku kita dari hal-hal yang mencurigakan. Jangan biarkan pandangan kita mengikuti rasa penasaran kita yang ingin mengetahui sekitar rumah. Itulah alasan disyari’atkan meminta izin ketika bertamu, yaitu supaya kita menjaga pandangan kita.

Setelah melaksanakan adab-adab dalam bertamu, sampaikanlah maksud dan tujuan kita. Bersikaplah sopan dan santun. Dengan demikian, ketika kita berperilaku terpuji sesuai dengan aturan agama maka akan menjadikan pahala bagi kita semua.

Tugas Mandiri
Setelah membaca teks di atas (LKS H. 35) dan menyimak Videonya!
Tulislah sebuah cerita tentang pengalamanmu ketika bertamu di rumah temanmu!